HARAPAN KEDEPAN UNTUK KOPERASI DI INDONESIA

Melihat kondisi koperasi di Indonesia saat ini tampaklah bahwa perwujudan peranan koperasi sebagaimana yang di cita-citakan Bung Hatta belum sepenuhnya optimal. Apabila kita mendengar kata koperasi, hal yang terngiang di telinga kita dan menjadi asosiasi dengan koperasi adalah permasalahan-permasalahan seperti subsidi, inefisiensi, dan birokrasi. Ada pandangan yang tidak dapat sepenuhnya disalahkan bahwa tidak sedikit koperasi tumbuh lantaran koperasi mendapat kesempatan yang lebih besar untuk mengambil manfaat ekonomi dari proyek dan fasilitas pemerintah. Intinya, tidak dapat dipungkiri bahwa gerakan koperasi adalah gerakan yang sarat dengan beban sejarah.
Sementara itu, di masa depan, di era globalisasi, idiom-idiom yang terasosiasi dipikiran kita adalah efisiensi, , kepuasan pelanggan, corporate value, dan inovasi. Jargon-jagon tersebut hampri tidak relevan dengan asosiasi kita dengan koperasi. Padahal, saat ini perekonomian nasional sedang menghadapi perubahan yang signifikan. Globalisasi ekonomi yang berlangsung intensif sejak satu dekade lalu berdampak pada munculnya kecenderungan pasar global.
setiap manusia pasti mempunyai harapan yang lebih di kehidupan nya
namun untuk yang satu ini saya ingin berharap kepada ekonomi koperasi yang ada di negara indonesia ini untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa, serta tidak adanya kesenjangan ekonomi yang mencolok dan koperasi di pelosok Tanah Air makin berkembang, makin mandiri dalam upaya meningkatkan perekonomian bangsa indonesia 

0 Response to "HARAPAN KEDEPAN UNTUK KOPERASI DI INDONESIA"

Posting Komentar